Kumpulan Puisi Berisi Harapan NKRI Berdasarkan Pancasila Tetap Tegak

31 May 2017

Setelah kumpulan puisi “Kubayangkan Chairil Anwar” yang diluncurkan tepat Hari Buku Sedunia 23 April 2017, kembali saya meluncurkan kumpulan puisi. Kali ini menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017, yang mulai tahun ini merupakan hari libur nasional.

Kumpulan puisi tersebut berjudul “Ahok, Kebhinekaan, Belajar Pancasila”, diterbitkan oleh Nulisbuku setebal vi + 86 halaman, telah terdaftar dengan ISBN 978-602-6598-18-9. Puisi-puisi di dalamnya ditulis dalam kurun 2012 sampai 2017, dengan lebih banyak yang ditulis tahun 2016 dan 2017. Isinya terdiri dari tiga bagian, yaitu “ Ahok” sebanyak 19 puisi, “Kebhinekaan” juga sebanyak 19 puisi, dan “Belajar Pancasila” sebanyak 12 puisi. Ditambah lagi satu puisi sebagai bonus di halaman luar belakang.

Meski tiap bagian berbeda-judunya, tetapi ada benang merah antara “Ahok”, “Kebhinekaan”, dan “Belajar Pancasila”. Isinya menyiratkan pesan dan harapan agar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dengan slogannya “Bhinneka Tunggal Ika” haruslah tetap tegak.

Kasus Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok menjadi salah satu kasus yang menyita perhatian hampir seluruh masyarakat Indonesia, juga sampai ke mancanegara. Apalagi ketika dia mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan pasangannya, Djarot Saiful Hidayat. Sampai segala macam masalah dan sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) bermunculan. Seolah lupa bahwa negara ini didirikan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu juga, dalam negara kesatuan Republik Indonesia.

Di Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 inilah kumpulan puisi tersebut diterbitkan. Sekaligus mencoba mengingatkan kita semua bahwa NKRI harus tetap utuh berdasarkan Pancasila dengan Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi bagian tak terpisahkan dalam setiap sendi kehidupan di negeri tercinta ini.


TAGS puisi pancasila saya pancasila pancasila reborn kumpulan puisi bhinneka tunggal ika


-

Author

Pelatih Pembina Pramuka, Kolektor Memorabilia Kepanduan/Kepramukaan, Filatelis, Penggemar Star Trek, Penggemar Kisah Petualangan Tintin

Follow Me