Papan Janji Pramuka yang Keliling Dunia

5 Sep 2017

Papan Janji Pramuka yang dalam Bahasa Inggris disebut Scout Promise itu dibuat pada Agustus 2015, menjelang peringatan Hari Pramuka ke-54 pada 14 Agustus 2015. Sempat teronggok cukup lama, papan itu akhirnya secara “resmi” dimunculkan dalam acara Pramuka ketika berlangsungnya Jambore Gugus Depan (Gudep) Agus Salim 05.063-05.064 Kwartir Cabang Tangerang Selatan (Tangsel), Kwartir Daerah Banten, pada 19-21 Februari 2016. Gudep yang berpangkalan di SMP Negeri 3 Tangsel itu mengadakan jambore di Hutan Kota Witanaharja, Pamulang, Ciputat, Tangsel.

Pada saat pembukaan jambore, penulis berkesempatan memperlihatkan papan Janji Pramuka itu, dan membahas sedikit tentang apa itu Janji Pramuka. Secara lengkap janji Pramuka tersebut dalam Bahasa Inggris berbunyi: On my honour, I promise that I will do my best/To do my duty to God and to the Queen (di negara-negara Persemakmuran Inggris) atau to the country/To help other people/And to keep the Scout Law.

Di Indonesia, Janji Pramuka disebut Dwi Satya untuk Pramuka golongan Siaga (7-10 tahun) dan Tri Satya untuk golongan yang usianya lebih tua dari Siaga (Penggalang 11-15 tahun, Penegak 16-20 tahun, Pandega 21-25 tahun, dan Pembina di atas 25 tahun). Namun yang senada dengan Scout Promise adalah Tri Satya, yang lengkapnya berbunyi: Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh /Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan Negara Kesatuaan Republik Indonesia/Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri (untuk Pramuka Penggalang) atau ikut serta (untuk golongan yang usianya lebih tua dari Penggalang) membangun masyarakat/Menepati Dasa Dharma.

Setelah dari Tangerang Selatan, papan Janji Pramuka sempat dipakai untuk berfoto sejumlah tokoh kepanduan/kepramukaan Asia-Pasifik yang mengadakan pertemuan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, 8-12 April 2016. Cukup banyak tokoh Pandu Asia-Pasifik yang berfoto dengan papan Janji Pramuka tersebut.

Papan Janji Pramuka itu pun sempat dibawa ketika berlangsungnya Jambore Nasional X Gerakan Pramuka yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, dari 14 sampai 21 Agustus 2016. Ketika itu, Presiden Joko Widodo sebagai Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka dan Pramuka Utama hadir dan membuka secara resmi jambore tersebut.

Terkini, papan Janji Pramuka sempat melanglang buana 7.777 kilometer dari tempat asalnya. Tepatnya dibawa ke Baku, Azerbaijan, suatu negara di antara Iran dan Rusia. Di sana berlangsung dua acara kepanduan tingkat dunia, 13th World Scout Youth Forum dan 41st World Scout Conference 2017.

Penulis yang terpilih sebagai salah satu dari hanya 20 relawan internasional – dari 400 lebih pelamar yang mendaftarkan diri – membawa papan Janji Pramuka itu ke sana. Selain dipakai berfoto beberapa anggota delegasi kepanduan dari berbagai negara, penulis pun sempat berfoto dengan papan Janji Pramuka itu di depan backdrop besar yang ada di Baku Congress Centre, tempat berlangsungnya acara tersebut.

Foto-foto: Indonesia Scout Journalist


TAGS pramuka Gerakan Pramuka pandu asia-pasifik Tangerang Selatan Agus Salim sejarah indonesia jambore nasional cibubur Jokowi Baku Aserbaijan keliling dunia


-

Author

Pelatih Pembina Pramuka, Kolektor Memorabilia Kepanduan/Kepramukaan, Filatelis, Penggemar Star Trek, Penggemar Kisah Petualangan Tintin

Follow Me